Sebagai startuptahap awal, meningkatkan brand awarenessdari produk digitalmu merupakan hal penting di tengah ketatnya persaingan bisnis. Salah satu cara untuk membangun brand awareness, adalah dengan memamerkan produk melalui ekshibisi.

Center for Exhibition Industry Research (CEIR) dalam risetnyamenyebut, 4 dari 5 pengunjung yang hadir di acara pameran merupakan calon pengguna potensial bagi peserta ekshibisi.

Untuk bisa menjadi peserta di acara pameran teknologi, kamu perlu meluangkan waktu, tenaga, serta biaya. Agar bisa mendapatkan valuemaksimal dari acara tersebut, Tech in Asia Indonesiatelah merangkum sejumlah tip supaya kamu dapat memaksimalkan manfaat di acara pameran teknologi.

Tentukan tujuanmu secara detail

Sebelum memutuskan untuk menjadi peserta ekshibisi, pastikan bahwa kamu sudah menentukan daftar tujuan yang ingin kamu capai. Apakah kamu ingin mencari pelanggan baru? Atau kamu ingin fokus menjalin koneksi dengan para investor yang hadir?

Dengan memiliki daftar tujuan, kamu tahu apa yang perlu difokuskan selama ekshibisi berlangsung. Dengan demikian, alih-alih menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk menghadiri banyak pameran teknologi, kamu bisa memilih satu atau dua eventyang sesuai dengan tujuanmu.

Tampilkan boothyang menarik dan inovatif

Peserta Startup Factory di Tech in Asia Jakarta 2018.

Salah satu tantangan terbesar saat menjadi peserta ekshibisi adalah menarik perhatian pengunjung. Perlu kamu ingat, saat pameran berlangsung, kamu harus bersaing dengan ratusan peserta ekhisibisi lainnya dalam mencuri perhatian orang-orang.

Oleh karena itu, kamu perlu mendekorasi boothmilikmu seinovatif mungkin. Beberapa tipdi bawah ini bisa kamu jadikan referensi saat mendekorasi boothekshibisi:

  • Letakkan banneryang atraktif di depan boothkamu.
  • Pilihlah corak warna primer seperti merah, biru, atau kuning, agar boothmilikmu bisa menarik perhatian pengunjung meski dari jauh.
  • Agar lebih menarik, kamu bisa melengkapi booth dengan sejumlah fitur teknologi seperti layar plasma interaktif hingga penggunaan layar sentuh.

Jangan lupa, lakukan demo atas produk digitalmu! Demo yang interaktif akan membantu pengunjung memvisualisasikan produkmu. Jika perusahaan membuat softwaredan tidak memiliki sesuatu untuk didemonstrasikan, kamu bisa menggunakan monitor untuk menampilkan produk.

Follow uppengunjung yang mampir di boothmilikmu

Startup Factory TIAJKT3

Peserta Startup Factory di Tech in Asia Jakarta 2018.

Meminta data diri dan kontak dari para pengunjung yang hadir di boothmiikmu wajib kamu lakukan. Selepas acara, kamu harus menghubungi mereka untuk kembali menawarkan produk yang sudah mereka lihat selama pameran berlangsung.

Makin cepat kamu melakukan follow up, kemungkinan kamu untuk mendapatkan leadyang lebih banyak juga makin besar. Ingat, jika kamu menghubungi calon pengguna potensial satu minggu selepas acara, bisa jadi mereka lupa akan produk yang sudah kamu tawarkan.

Manfaatkan media sosial

Gunakan media sosialyang ada untuk mengumumkan keikutsertaan startupmilikmu dalam acara pameran teknologi jauh-jauh hari sebelum acara dimulai. Pakai tagar resmi acara—jangan ragu untuk bertanya kepada pihak penyelenggara terkait tagar apa yang mereka gunakan—di tiap unggahan yang kamu buat. Hal ini akan memudahkan para pengunjung untuk menemukan boothmilikmu saat mereka melakukan pencarian di media sosial.

Selama acara berlangsung, pastikan kamu juga membagikan banyak foto dan video agar unggahan statusmu di media sosial lebih menarik. Untuk meningkatkan engagement, kamu juga bisa mengadakan kontes di media sosial yang berhubungan langsung dengan produk digitalmu.

Tarik perhatian media

Startup Factory

Peserta Startup Factory Tech in Asia Jakarta 2018

Pada acara pameran teknologi, beberapa pengunjung yang hadir biasanya berasal dari media. Gunakan kesempatan ini untuk menarik perhatianmereka agar mau singgah dan meliput boothmilikmu.

Untuk menarik perhatian media, kamu bisa melakukan beberapa tip berikut:

  • Catat media yang hadir saat acara. Tanyakan pada pihak penyelenggara, apa saja media yang akan hadir saat pameran teknologi berlangsung. Jika hal itu tidak memungkinkan, kamu bisa melihat daftar media yang hadir pada ekshibisi teknologi yang digelar di tahun sebelumnya.
  • Minta kesediaan media melakukan wawancara. Beri tahu media melalui emailbahwa startupmilikmu akan hadir di acara ekshibisi teknologi. Agar mereka tertarik untuk melakukan wawancara, tulislah apa saja keunggulan dari startupyang kamu bangun secara singkat dan jelas.

Sudah siap tampil di ekshibisi teknologi?

Jika kamu ingin menerapkan sejumlah tip di atas, ini adalah waktu yang tepat. Pada 8-9 Oktober 2019 mendatang, Tech in Asiaakan menggelar Tech in Asia Conferencedi Jakarta Convention Center, dengan salah satu segmen menarik yakni Startup Factory.

Melalui Startup Factory, startupmilikmu bisa mendapatkan eksposur dari enam ribu pesertayang berasal dari berbagai kalangan mulai dari penggiat teknologi, startup, korporasi, investor, media, dan komunitas. Syaratnya cukup mudah. Startupkamu hanya perlu memiliki prototipe dan telah mendapatkan pendanaan eksternal maksimal senilai US$3 juta (sekitar Rp42 miliar).

Saat ini, kamu bisa mendapatkan fasilitas berupa boothpameran satu hari dan dua tiket konferensi hanya dengan harga Rp2.528.000 (harga normal Rp3.611.000). Segera daftarkan startupmilikmu karena promo ini hanya berlangsung hingga 10 Juni 2019 pukul 23.59 WIB.

Lebih tertarik untuk hadir sebagai pengunjung di Tech in Asia Conference? Dapatkan tiket dengan diskon 30 persendi sini. Promo ini berlaku hingga 10 Juni 2019 pukul 23.59 WIB.

 

Source